Tuesday, 18 November 2008

Menelusuri jejak anggota keluarga

Photo disamping adalah R. Djoko Sulistio, kami para keponakan memanggil beliau om / pakde Lis. Beliau adalah anak ke-5 dari R. Widjanarko Sastrowidjoko.
Photo ini diambil sekitar tahun 1977.
Om Lis meninggal pada tahun 1992 dan dimakamkan di pemakaman umum daerah Sorosutan Yogyakarta.
Semasa hidupnya beliau bekerja di Pabrik Gula Madukismo dan tinggal di perumahan PG. Madukismo.
Setelah pensiun beliau tinggal di Sorosutan Yogyakarta.
Om Lis menikah dengan bulik Djoejie. Pernikahan beliau tidak dikaruniai keturunan. Sebagai seorang lelaki yang menginginkan keturunan / anak dari darah dagingnya, maka beliau menikah lagi dengan seorang wanita dikenal dengan panggilan “mbak Tatik”; berdasarkan penuturan beberapa orang saudara, diantaranya: kanda H. Teguh Slamet Rahardjo (putra sulung RR. Isbandinah), Budi Santosa (putra ke-3 RR. Siti Napsijah) dan bulik Purwanti (putri sulung RR. Srijati Soenardi / adik R. Widjanarko Sastrowidjoko), dari pernikahan tersebut lahir 2 orang anak, bernama Iin (putri) dan Rudi (putra).
Sejak meninggalnya om Lis, komunikasi kami dengan keluarga beliau menjadi renggang, baik dengan bulik Djoejie maupun dengan bulik Tatik dan kedau saudara sepupu kami.
Komunikasi terakhir pada tahun 2000, adik kami: Budi Santosa berkunjung ke rumah bulik Tatik di Jalan Srigunting V, Kerten Solo; saat itu Iin berusia sekitar 11 tahun (kelas 6 SD) dan adiknya sekitar 8 tahun (kelas 3 SD). Di lingkungan tersebut, bulik kami dikenal sebagai “mbak Tatik makelar tanah”.
Sebagaimana kedua anak beliau adalah trah Sastrowidjoko, maka kami berkewajiban untuk mencari dan menemukan mereka. Semoga setelah 8 tahun berlalu bulik Tatik dan kedua saudara sepupu kami tidak pindah tempat tinggal; sebagai wakil keluarga besar Sastrowidjoko adik kami Yulianto Joko Pangarso, demikian juga adik kami Budi Santosa merencanakan untuk berkunjung ke alamat terakhir mereka.
Kami akan mencari mereka sampai ketemu. Semoga Tuhan Yang Maha Kasih memberi petunjuk. Amin

No comments: